Tips Latihan supaya Bayi cepat Jalan

Melatih bayi agar cepat berjalan membutuhkan kesabaran yang sangat besar. Jadi harap bisa bersabar dan mencoba untuk tidak membebani sang bayi dengan latihan-latihan yang terlalu keras.

Setiap orangtua tentu ingin melihat anaknya bisa berjalan dengan cepat atau paling tidak tumbuh dengan perkembangan yang normal.

Tidak sedikit orangtua yang merasa takut kalau anaknya lambat berjalan sehingga mencari ragam cara untuk bisa membuat sang bayi bisa jalan dengan cepat.

Kali ini, TamengVirus akan memberikan beberpaa Tips Latihan agar Bayi bisa cepat berjalan. Simak sampai habis ya!


Penyebab Bayi tidak cepat jalan

Terdapat beberapa penyebab yang perlu untuk pembaca TamengVirus ketahui tentang penyebab dari keterlambatan berjalan seorang bayi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Faktor Fisik yaitu pertumbuhan pada kaki yang tidak sempurna. Ada sejumlah penyebab yang mengakibatkan masalah ini seperti kerusakan otot, gangguan sumsum tulang belakang, atau memang faktor keturunan.

b. Pola Asuh yang terlalu memanjakan bayi dengan cara selalu menggendongnya atau memangkunya. Dengan begini, waktu bayi untuk bergerak jadi sedikit sehingga Ia akan merasa nyaman dengan hanya berdiam diri. Perkembangannya pun akan menjadi lambat.

c. Gangguan Keseimbangan atau DSI (Dysfunction of Sensory Integration) adalah masalah yang biasa dirasakan oleh bayi yang kurang percaya diri. Gangguan ini biasanya ditandai dengan bayi yang takut berenang, takut menaiki ayunan atau mainan kuda-kudaan, dan sejenisnya.

Tips Latihan agar Bayi bisa cepat berjalan

Oke kali ini kita akan masuk ke bagian utama dalam artikel ini yaitu soal bagaiman tips latihan untuk bisa membuat bayi dapat cepat berjalan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan tentu dengan latihan yang mengedepankan keamanan serta kenyamanan bayi. Oh ya, perlu diingat bahwa bayi juga membutuhkan istirahat. Jangan sampai memaksakan atau membuat bayi terlalu lelah dengan latihan-latihannya.

1. Latihan Berdiri (Tanpa Paksaan)

Catatan penting untuk para orangtua mengenai latihan berdiri yaitu tidak boleh melakukan pemaksaan dengan cara menarik tangan atau bagian ketiak bayi sehingga membuatnya berdiri ketika sang bayi tidak ingin berdiri.

Peran pendamping di sini hanya untuk sekedar membantunya agar bisa berdiri dengan sempurna dan tegak. Ingat! Tidak boleh ada paksaan sehingga bayi bisa mengetahui kalau berdiri merupakan hal yang menyenangkan.

Hal tersebut karena semakin sering Anda memaksa sang bayi, maka semakin besar pula rasa tidak sukanya terhadap berdiri. Ia akan menganggap bahwa itu adalah hal yang tidak menyenangkan dan bahkan membencinya.

Mengasuh bayi memang membutuhkan kesabaran yang besar, oleh karena itulah kalau para orangtua ingin anaknya bisa cepat berjalan, harus dengan perlahan tapi tepat.

Baca juga: Cara Mengatasi Pilek pada Bayi tanpa Obat

2. Latihan dengan menggunakan Baby Walker

Cara kedua agar bayi bisa cepat berjalan yaitu dengan bantuan alat yang biasa disebut dengan nama "Baby Walker". Ini merupakan alat yang sudah sangat mainstream digunakan oleh orangtua untuk bisa melatih anaknya berjalan.

Sepertinya tidak perlu ada tips khusus untuk menggunakan alat ini karena mayoritas orangtua sudah mengetahuinya secara jelas.

3. Latihan jalan dengan Titah (Dipegang tangan/ketiaknya)

Setelah bayi sudah terlatih untuk berdiri dan kaki terlihat sudah cukup kuat. Tahap latihan selanjutnya adalah memeganginya sambil jalan dengan perlahan.

Biasanya, bayi yang baru belajar begini akan berulang kali menjatuhkan dirinya. Ingat ya! Jangan dipaksa atau ditahan, tapi biarkan saja jatuh dan kalau Ia tidak mau berdiri lagi, kembali diingatkan untuk jangan dipaksa.

Biarkan saja sang bayi mau berbuat apa terlebih dahulu lalu secara perlahan bujuk kembali untuk berdiri sampai mau. Kesabaran orangtua/pendamping akan diuji di sini. Sabar ya!

Demikian adalah informasi yang bisa TamengVirus berikan soal Tips Latihan supaya Bayi bisa cepat berjalan. Jangan lupa kalau untuk masalah melatih bayi bisa berjalan akan membutuhkan kesabaran yang super ekstra.

Jadi harus sabar ya, Stay Health!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Pilek pada Bayi tanpa Obat